Film Horor Asia Terbaik. Halloween Kan Sebentar Lagi, Berikut Kompilasi Film Menyeramkan Sepanjang Masa yang Bisa Kamu Tonton

Ditulis oleh : Kathy Sunhendra Jap
Editor : Trivia Team

Selama ini banyak film ber-genre horror yang menghiasi layar lebar, baik di Indonesia maupun di dunia. Dari sekian banyak film horror yang ada, bisa dibilang film-film horror berikut ini akan membuatmu selalu teringat akan ceritanya. Film-film ini pun tetap menjadi film-film horror terbaik hingga saat ini. Bahkan, bukan cuma di generasi kita, tapi juga generasi selanjutnya. Berikut adalah kompilasi film-film horror terbaik yang wajib kamu tonton.


1. Nang Nak




photo credit: 2ubydemand


Nang Nak (Nyonya Nak) adalah legenda horror yang terjadi pada masa pemerintahan Raja Mongkut. Legenda ini sudah sangat terkenal sejak dulu di Thailand dan sekarang merambah ke luar Thailand berkat kesuksesan versi lainnya. Nama lain Nang Nak yang sangat terkenal adalah Mae Nak Phra Kanong (Nona Nak dari Phra Kanong). Phra Kanong adalah sebuah tempat di tepi kanal Phra Kanong (sekarang berubah nama menjadi Suan Luang), Bangkok, Thailand, yang menjadi tempat tinggal Nak dan bahkan ada kuil di sana yang didedikasikan untuk Nak.


Selain horror, film ini juga menyajikan kisah cinta yang sedih antara dimensi kita dengan dimensi lain. Cerita ini juga banyak versi dan sampai sekarang yang paling terkenal adalah Pee Mak (2013) yang dibintangi oleh si ganteng Mario Maurer dan dijadikan versi komedi horror.

Legenda ini mengisahkan tentang suami istri yang tinggal di tepi kanal Phra Kanong. Sang suami bernama Mak dan sang istri bernama Nak. Suatu hari sang suami, Mak, harus pergi berperang dan dengan berat hati meninggalkan istrinya, Nak, yang sedang hamil muda. Mak terluka berat dalam perang dan tidak dapat pulang segera ke keluarganya. Nak selalu menunggu kepulangan suami tercintanya didera kesepian dan kesedihan yang mendalam karena kerinduan pada sang suami. Akhirnya Nak meninggal bersama bayinya saat persalinan. Saat Mak pulang, dia disambut oleh Nak dan bayinya yang baru lahir, Dang. Mak senang bukan main. Namun, di balik semua itu tersimpan rahasia kelam yang hanya diketahui oleh penduduk sekitar. Hanya saja, penduduk yang tahu atau yang berusaha memberitahu Mak kebenaran tentang istri dan anaknya akan dibunuh oleh hantu Nak. Sampai akhirnya Mak mengetahui dengan sendirinya kenyataan tersebut dan hatinya sangat sedih. Namun, dia merelakan kepergian Nak yang sangat dicintainya. Nak juga dengan berat hati meninggalkan Mak bersama anaknya ke alam sana.



2. The Ring



photo credit: blumhouse


Film dari Jepang ini mengisahkan tentang legenda Sadako, arwah perempuan yang muncul dari dalam sumur dengan rambut hitam panjang yang hanya memperlihatkan mata sebelah yang membelalak. Semua sudah pasti hafal dengan nama Sadako yang mewarnai ranah film horror sejak pertama kali rilis tahun 1998 dengan judul “Ringu”. Film ini dirilis di Jepang pada tahun 1998 dan memiliki lanjutan The Ring 2 dan the Ring O yang melanjutkan kisah kutukan Sadako. Film ini juga sudah di-remake di Hollywood dengan judul yang sama.



Film ini menceritakan tentang sebuah video di mana seorang perempuan berambut panjang yang muncul dari dalam sebuah sumur dan siapa pun yang menonton video tersebut akan mati dalam 7 hari setelah menonton video tersebut. Hiii serem, kan? Perempuan tersebut bernama Sadako yang menurut cerita dibunuh dan mayatnya dimasukkan dalam sumur. Video tersebut merupakan manifestasi dari kemarahan Sadako dan akhirnya menjadi video kutukan yang terkenal. Untuk memutuskan kutukan, harus menyerahkan video terkutuk itu untuk ditonton orang lain.

Bayangkan, kalau kamu sudah mendapat video tersebut, kira-kira berani menonton tidak? Atau kalau sudah menonton, apa yang akan terjadi dalam 7 hari setelah menonton video tersebut?


3. Ju-On



photo credit: fanpop
Film Jepang ini dirilis tahun 2002 di Jepang dan memiliki versi remake Hollywood dengan judul The Grudge. Film ini mengisahkan sebuah rumah terkutuk yang memakan korban jiwa.

Di sebuah rumah di Nerima, Tokyo, tinggallah sebuah keluarga: sang ayah, Takeo, sang ibu, Kayako dan sang anak, Toshio. Suatu hari Takeo membunuh Kayako dan Toshio lalu melarikan diri dari rumah itu hanya karena hendak dibunuh oleh arwah Kayako yang gentayangan. Bertahun-tahun setelah itu, sebuah keluarga baru tinggal di rumah tersebut, sang ayah, Katsuya, sang ibu, Kazumi dan ibu Katsuya, Sachie. Tidak berapa lama, kutukan pun dimulai. Kutukan itu berupa pengulangan dari kejadian yang dialami Kayako dan Toshio. Sebelum kutukan dimulai, mereka sering melihat seorang anak kecil yang muncul dan hilang, Anak tersebut ternyata adalah Toshio. Setelah kutukan dimulai, Kayako akan mengejar dan membunuh siapa pun yang tinggal ataupun memiliki hubungan dengan orang yang tinggal di sana. Adegan yang paling menangkap mata dan sangat terkenal adalah adegan Kayako menuruni tangga dengan merangkak dan mengeluarkan suara seperti orang yang tercekik.

Di film ini, jatuh banyak sekali korban jiwa selain keluarga baru tersebut. Korban lain adalah pengasuh Sachie, detektif yang menangani kasus, serta guru sekolah.


4. Dark Water



photo credit: asianmovie


Film Jepang ini menceritakan kisah tragis di mana air menjadi sesuatu yang mengerikan dan memiliki remake Hollywood dengan judul yang sama.



Film ini menceritakan seorang ibu, Yoshimi, yang sedang dalam perceraian dan membawa serta anaknya, Ikuko, untuk tinggal di sebuah apartemen tua. Apartemen itu kelihatan baik-baik saja namun atapnya bocor dan semakin hari bocornya semakin parah. Yoshimi berniat mencari tahu dengan mendatangi apartemen yang terletak tepat di atas apartemen yang dia tinggali namun ternyata terkunci. Menurut cerita yang dia dengar, apartemen itu dulu dihuni oleh seorang ibu dan anaknya, Mitsuko. Namun, Mitsuko ditinggalkan oleh ibunya dan menghilang setahun yang lalu. Tak ada yang tahu di mana keberadaan Mitsuko yang ternyata sebaya dengan Ikuko. 

Suatu hari mulailah terjadi keanehan yang mana sering ditemukan kantong berwarna merah di pintu depan yang selalu ada walau sudah dibuang. Selain itu, muncul penampakan anak kecil memakai jas hujan berwarna kuning, air yang keluar dari keran berbau busuk dan ada rambut yang keluar, sampai menghilangnya Ikuko dan hingga ditemukan di atap apartemen yang mana sebuah tabung air besar berdiri. Saat menginspeksi atap apartemen, Yoshimi meninggalkan Ikuko di apartmen. Yoshimi pun langsung menuju tabung air tersebut yang terakhir dibuka setahun yang lalu tepat di hari Mitsuko menghilang. Yoshimi diberi penglihatan Mitsuko yang memakai jas hujan berwarna kuning jatuh ke dalam tabung air tersebut saat ingin mengambil kantong merahnya dan mati tenggelam saat itu tanpa diketahui siapa pun juga.

Di apartemen, Ikuko berusaha mematikan keran air yang mengeluarkan banyak sekali air kotor. Yoshimi yang diberi penglihatan seperti itu langsung lari untuk menyelamatkan putrinya. Begitu sampai di apartemen, Yoshimi langsung menarik Ikuko dan menuju lift dengan kejaran sesorang di belakang. Saat berada dalam lift, Yoshimi melihat yang mengejarnya adalah Ikuko, putrinya dan yang ada dalam pelukannya adalah Mitsuko yang menganggapnya adalah ibunya. Yoshimi pun mengorbankan diri dan ikut bersama Mitsuko. Lift yang berisi Yoshimi dan Mitsuko di dalamnya terbuka dalam keadaan kosong dan hanya ada air lumpur yang keluar.

5. One Missed Call



photo credit: thelostforum
Film dari Jepang yang dirilis tahun 2003 ini memiliki remake Hollywood dengan judul yang sama di tahun 2008.

Yoko menerima telepon dengan nada dering yang sangat aneh dan membuat merinding. Begitu diangkat, telepon beralih ke kotak suara dan di dalamnya terdengar suara Yoko sendiri yang sedang berbincang lalu diikuti suara teriakan ketakutannya dan diam. Yoko dan temannya, Yumi, yang mendengar itu langsung mengecek asal telpon dan menemukan fakta bahwa telepon itu berasal dari nomornya sendiri dan tanggal yang tertera adalah 2 hari setelahnya. Dua hari kemudian, Yoko menelepon Yumi dan berbincang, persis seperti dalam kotak suara yang mereka dengar 2 hari yang lalu. Beberapa lama kemudian terdengar suara teriakan Yoko di mana Yoko diseret oleh kereta yang melaju dengan masih memegang telepon genggamnya dan telepon itu menghubungi nomor lain. Setelah tergeletak, dari mulut Yoko keluar permen bulat berwarna merah.

Hal yang sama juga terjadi pada kekasih Yoko, Kenji, yang menerima telepon dengan nada dering aneh dan berakhir ditarik ke dalam lift. Dari dalam mulutnya juga keluar permen bulat berwarna merah. Tidak berapa lama, teman kerja Yumi yang bernama Natsumi juga mengalami hal yang sama bahkan disertai dengan video Natsumi dihantui oleh sosok yang mengerikan. Usahanya untuk menghancurkan telepon genggamnya tidak berhasil dan dia berakhir terbunuh oleh ritual pengusiran setan.

Yumi sangat putus asa dan akhirnya bertemu dengan Detektif Hiroshi. Ternyata kakak Hiroshi, Ritsuko, juga mengalami hal serupa. Melalui jurnal Ritsuka, mereka mengetahui bahwa Ritsuko mengasuh 2 orang anak, Mimiko dan Nanako. Ibu mereka, Marie, dicurigai menyiksa anak-anaknya. Mimiko meninggal karena asma dan Marie terakhir terlihat di rumah sakit yang sekarang hancur terbakar. Hanya Nanako yang selamat. Nanako bisu dan membawa sebuah boneka yang mengeluarkan suara yang sama dengan nada dering mengerikan tersebut.

Yumi dan Hiroshi pun kemudian mengunjungi rumah sakit. Namun mereka terkunci di rumah sakit tersebut. Pada saat terkunci, mereka menemukan mayat Mimiko yang sedang memegang telepon genggam.

Singkatnya, ternyata yang menyiksa Nanako selama ini adalah Mimiko. Suatu hari Nanako terluka parah dan dibawa Marie ke rumah sakit dengan meninggalkan Mimiko sendirian. Mimiko mengalami serangan asma pada saat ditinggal sendirian dan berusaha menelepon dengan telepon genggam namun akhirnya tidak berhasil dan meninggal. Semua terekam dengan jelas melalui kamera pengasuh yang terpasang di dalam boneka yang selalu dibawa Nanako. Arwah Mimiko inilah yang selalu merenggut nyawa orang melalui telepon genggam.


Nah, inilah komplilasi cerita horror paling menyeramkan sepanjang masa di mana ada yang berasal dari legenda maupun buatan manusia. Setiap menonton dan menceritakannya kembali akan membuat bulu kuduk meremang dan merinding. Beranikah kamu menontonnya sekarang?


Published in Trivia

No comments:

Post a Comment